FATKUROHMAN SRB MALUKU UTARA 2020

FATKUROHMAN SRB MALUKU UTARA 2020
TWIBBON

Selasa, 27 Oktober 2020

SERUNYA BELAJAR STATISTIKA

Halo sahabt semua selamat pagi,semoga semua dalam keadaan sehat selalu,dan tentunya tetap semangat belajar matematika sahabat.

Klai ini sahabat akan belajar bersama admin untuk belajar tentang "STATISTIKA " apakah sahabat sudah pernah mendengar kata "STATISTIKA" pada materi atau mungkin kelas sebelumnya mungkin saat duduk di bangku SD atau SMP , masih ingat gak sahabat, masih ingat kan sahabat tentunya kalo lupa yuk ikuti keseruan admin dalam belajar "STATISTIKA".

https://www.google.com/search?q=GAMBAR+GRAFIK+STATISTIKA&safe=strict&sxsrf=ALeKk00VYuZHOMlkVNIPEWnc02_7zyUNaw:1603750827537&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=6IQf4PGXI0wkvM%252COTJ7ZbhTYtqZ3M%252C_&vet=1&usg=AI4_-kTBiQrRsDc74a-_tAfqI9qWH22HOA&sa=X&ved=2ahUKEwjTsoizpdPsAhWJf30KHRtIDekQ9QF6BAgCEFc&biw=1366&bih=625#imgrc=6IQf4PGXI0wkvM

Coba sahabat perhatikan gambar diatas, pernahkah sahabat melihat gambar gamabar diatas di suatau tempat kalo iya tuliskan ya di kolom komentar di bawah,dimana saja sahabat melihat gambar gambar dia ats tersebut...???

Apa sih hubungan gambar diatas dengan materi yang sahabat pelajari tentunya adakan yuk tetap ikuti belajar "STATISTIKA"

Statistika adalah cabang ilmu matematika terapan yang mempelajari cara-cara  mengumpulkan dan menyusun data, mengolah dan menganalisa data serta menyajikan data dalam bentuk kurva atau diagram.

Dari defininisi statistika ada beberapa kata kunci yang penting sahabat yang pertama adalah data yang kedua adalah kurva atau diagram. Gamabar yang sahabt lihat diatas itu disebut diagram sahabat.

Kalo begitu data itu apa ya sahabat.

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. 

Untuk lebih jelasnya, pelajari uraian berikut.

Ibu guru meminta caesar untuk mengukur tinggi badan lima siswa Kelas XII IPA 1 secara acak. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Daftar tinggi badan lima siswa Kelas IX A
Tabel: Daftar tinggi badan lima siswa Kelas XII IPA  1



Perhatikan Tabel di atas! Bilangan 155 cm merupakan tinggi badan seorang siswa. Fakta tunggal ini dinamakan datum. Adapun hasil seluruh pengukuran terhadap lima orang siswa disebut data.

Berdasarkan data yang diperoleh pada Tabel di atas , caesar menyimpulkan bahwa dari kelima siswa tersebut,

  1. siswa yang paling tinggi badannya adalah Dani,
  2. siswa yang paling pendek badannya adalah Dwi, dan
  3. tinggi badan Willi dan Wulan sama.

Ketika caesar menarik kesimpulan di atas, sebenarnya ia telah menggunakan statistika.

Dalam pengambilan data sahabat akan mengenal istilah populasi dan sampel.

Populasi adalah objek yang dijadikan penelitian. Misalnya, jika kamu akan melakukan penelitian tentang pengaruh warna kecerahan kulit semangka dengan rasa manis buah semangka, maka populasi yang dipilih adalah buah semangka yang dibudidayakan oleh petani semangka.

Sampel adalah bagian dari populasi yang bisa dijadikan sumber informasi. Misalnya, dari banyaknya buah semangka yang dimiliki oleh petani semangka, sahabt cukup mengambil beberapa saja untuk kamu amati selama proses penelitian. Artinya, kamu tidak perlu menjadikan semua buah semangka di kebun semangka tersebut  sebagai bahan penelitian.

Ditinjau dari sifatnya, data dibagi dua macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang menunjukkan sifat atau keadaan objek yang diteliti. Data ini terbagi menjadi data nominal (jumlah) dan data ordinal (urutan). Sebagai contoh data tanggal lahir, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, dan lain-lain. Statistika 2 Sedangkan data kuantitatif adalah data yang menunjukkan jumlah atau ukuran objek yang diteliti. Data ini terbagi menjadi data onterval (selang) dan data rasio. Data berskala rasio adalah data yang diperoleh dengan cara pengukuran, di mana jarak antara dua titik skala sudah diketahui dan mempunyai titik 0 absolut. Ciri data rasio ini adalah tidak ada kategorisasi dan bisa dilakukan operasi matematika. Sebagai contoh gaji, skor ujian, jumlah buku dan lain-lain. 

Untuk lebih jelasnya yuk sahabt simak vidio di bawah ini.



https://www.youtube.com/watch?v=eKo6vY7ytvA


0 komentar:

Posting Komentar